Tuesday, September 1, 2015

Punya Tujuan

Banyak orang bilang -setiap kali saya mengemukakan suatu ide- "Wah, sulit."

Mengingat saya bergerak di bidang seni yang 'hidup' dan tidak stagnan, saya sering merasa gemas alias greget mendengar hal semacam ini.

Kenapa?

Karena percayalah, lebih sulit jika hidup itu nggak punya ide.

Melihat sedikit ke belakang (jangan banyak-banyak, kan katanya lebih baik lihat ke depan), momen-momen terburuk dalam hidup saya (seperti yang saya alami baru-baru ini) adalah ketika saya tidak tahu apa yang ingin saya lakukan alias nggak punya tujuan.

Pilihannya jadi antara melakukan apa yang disuruh, atau tidak melakukan apa-apa. Kalau sebentar sih nggak papa, tapi kalau selamanya?


The thing is,

Hidup ini keras, Bung.


Kayak menempuh jalanan Jakarta yang macet, berdebu, banyak orang yang nyerobot, lebih banyak yang nyolot (#curcol). Kalo kita nggak punya tujuan, ngapain jalanan kayak begitu ditempuh?

Kalo kita ga punya tujuan, buat apa mengatasi segala rintangan, nggak tahu pula sampainya butuh berapa lama...

Ya memang, kadang tujuan pun jadi harus berubah kalo hambatannya udah fatal semacam banjir, jembatan roboh, bumi terbelah...well you know what I mean. :p

Tapi saat tujuan akhir itu jelas, mau jalanan kayak apa juga kita pasti bisa jalani. Seringkali harus muter-muter. Kadang harus berhenti dulu untuk istirahat. Sesekali harus minta bantuan orang untuk tanya jalan. Nggak jarang harus diingatkan. Kadang bahkan harus ganti transportasi!


Tujuan - yang kasih semangat saat langkah terasa berat.

Tujuan - yang kasih energi saat ditolak sana-sini.

Tujuan - yang membuat kita bisa memaknai setiap perjalanan.


Kadang tujuan itu berupa suatu pencapaian. Atau suatu pengabdian. Atau suatu keadaan. Atau suatu benda. Atau suatu kondisi jiwa. Atau suatu tempat. Atau suatu sosok.

But you have to have something to get you through.

And when you have found it, yes, believe that the Universe will conspire to help you.

Semangat! :)


#athoughttoremember
#getthrough #motivasiulang

0 comments:

Post a Comment