Thursday, June 17, 2010

You Just Work In The Store, Have Respect!

Saya punya seorang sahabat yang kesukaannya adalah berbelanja barang high-end alias barang mewah (siapakah dia? bisa dilihat di blog sebelah; Andeca Andeci). Saya sendiri tidak begitu menyukai belanja barang semacam itu, namun saya jadi sering keluar masuk toko-toko yang harga barang2nya dimulai dari tujuh digit.

Hal yang paling menyebalkan adalah, di saat kami datang dengan dandanan 'biasa' alias a la remaja (karena kami masih muda!), sering muncul sikap sinis dari sang penjaga toko. Biasanya yang dilakukan adalah;
1. bersikap cuek
2. tidak menjawab saat ditanya
3. menganjurkan kami utk pergi ke 2nd atau 3rd line dari sang designer (contoh saja; di Roberto Cavalli disuruh ke Just Cavalli, dari Armani disuruh ke Armani Exchange)

Lebih menyebalkan lagi kalau si penjaga juga bersikap sinis bila kita melakukan pembelian untuk barang diskon.

MEMANGNYA KENAPA?

Pertama,
Anda kan kerja di toko itu. Bukan yang punya. Jadi sikap seperti itu mencoreng brand yang Anda jaga.

Kedua,
Saya kan tahu jumlah gaji Anda. Itu kan tidak cukup untuk membeli bahkan barang diskon di toko ini. Jadi kenapa Anda sinis kalau saya beli barang diskon ini?

Ketiga,
Kalau tokonya yang diskon, memangnya gaji Anda ikut didiskon? Anda kan digaji! Jadi Anda tidak berhak memperlakukan customer setengah-setengah juga.

Keempat,
Anda kan tidak pernah tahu, siapa yang Anda hadapi di mall-mall mewah! Kadang, orang yang mampu beli barang di toko Anda itu tidak harus terlihat spektakuler. Anda bisa saja berhadapan dengan pers, teman dari orang yang berpengaruh, atau...saya! Hahaha!

Kelima,
Biarpun OKB (Orang Kaya Baru), biarpun orang yang menabung seumur hidupnya cuma untuk beli satu barang di toko Anda, mereka customer. Tugas Anda cuma melayani customer. Kalau itu saja tidak bisa Anda lakukan dengan baik, jangan jadi penjaga toko itu. Bisa jadi kasir. Bisa jadi cleaning service. Atau jadilah manager. Atau sekalian jadilah orang kaya dan milikilah toko itu. Tapi selama Anda masih jadi penjaga di situ, layanilah customer dengan baik. It's your job, not mine.

So, my point is;
when you work in a store, please be nice and respect your customers, though you have no idea who they are or you think they would never buy anything.

BECAUSE IT'S YOUR JOB, FOR GOODNESS' SAKE!!!
(I am not asking you to be a super human!)


Just-a-note: 3 stores that had never put us into trouble or made us feel emotionally attacked, @ Plaza Indonesia, so far;
- Bally
- Tod's
- Gucci

1 comments:

Roxy NAILheartINK said...

Emang gitu tuh met! Gw juga pernah masuk ke dalem. Pas keluar gw baru dikasih tau sama temen gw si C (Krn gw masuk bertiga) klo dari td pegaawainya ngeliatin kita bertiga dari atas ampe bawah! Karena kebetulan temen gw si A orkay dan bawa tas Gucci... mukanya lgsg manis2 semua.

Ternyata, according to A... emg mereka harus begitu atas perintah pihak Gucci. Ktnya sebagai seleksi pembeli yg masuk toko... NAJIS!

Post a Comment